Rabu, 14 Mei 2008

KIAT – KIAT SUKA MATEMATIKA

Siapa yang tidak kenal dengan matematika ? pertanyaan itulah yang menjadi inspirasi saya untuk bertukar pengalaman dengan anda tentang bagaimana kita suka terhadap mata pelajaran/kuliah MATEMATIKA. Mendengar kata itu, sudah pasti yang terbayangkan adalah angka – angka, dan yang tak suka pasti bilang pelajaran yang paling membosankan. Sama, saya juga tidak begitu suka terhadap pelajaran yang satu ini, tapi harus gimana lagi sudah tuntutan skenario (wah kaya main sinetron saja) ya….. bisa gbisa harus bisa. Ada beberapa trik yang bisa anda coba untuk suka terhadap MATEMATIKA seperti yang ada dibawah ini.

Beberapa langkah yang harus dilakukan agar suka MATEMATIKA:

1. Menghapus mitos yang berada pada diri kita sendiri, bahwa “matematika adalah penentu intelektual seseorang” padahal tingkat intelektualitas seseorang tidak hanya diukur dari segi matematikanya saja, masih ada banyak faktor yang mempengaruhi.

2. Jangan berpikiran negative dulu, tetapi cari dulu yang namanya ambak (apa manfaatnya buat gue) setelah itu baru merasa enak belajar.

3. Cari referensi tentang konsep – konsep matematika

4. Luangkan waktu untuk mencoba latihan soal, bagaimanapun juga latihan soal dapat menambah pemahaman kita tentang konsep matematika.

5. Cari lingkungan yang mendukung untuk belajar

6. Berikan Reward dan Punishment bila target sudah tercapai, tapi jangan cepat puas dengan target yang sudah tercapai

7. Hindari sistem belajar konsolidasi, belajar menyelesaikan soal dengan cepat dengan satu metode penyelesaian, sehingga kemampuan kita tidak bertambah luas.

8. Yang terakhir, menggunakan Brain gym (senam otak). Untuk Brain gym seperti apa dan gerakanya gimana ?????? butuh penjelasan yang panjang lebar. Untuk yang ini Insya Alloh kita sambung lagi besok.

Tidak ada komentar: